Kristus Raja Semesta Alam

Published November 21, 2009 by misstreeantoz

Minggu, 22 Nopember 2009

Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam

Kalo kita mau melihat manusia yang paling aneh di dunia ini tetapi diikuti oleh banyak orang di kemudian hari, bahkan sampai sekarang, Dia adalah Yesus Kristus. Ketika Pilatus menanyai Dia tentang siapakah diriNya sesungguhnya, yesus mengatakan bahwa KerajaanNya bukan dari dunia ini. Apa maksud dari jawaban ini? Betapa yesus sangat membingungkan. Atau mungkin ohanes sendiri yang malah bikin bingung. Mengapa harus ada jawaban yang berbelit-belit tentang siapa Yesus? Dan anehnya lagi, Gereje Katolik Roma memberi tempat khusus, yaitu pada minggu pekan ke 34 dalam lingkaran tahun Gereja, dirayakan hari raya Yesus Kristus raja semesta alam. Yesus adalah raja yang tidak elit sama sekali. tetapi mengapa pada akhirnya banyak orang mengikuti Dia? Jawabannya adalah KARENA TIDAK ADA KEPALSUAN DALAM DIRI YESUS.

seorang raja disegani sekaligus menjadi teladan dan panutan bagi banyak orang bukan karena kuasanya. seorang raja adalah juga penguasa atas bangsanya. oleh karena ia menjadi penguasa, maka yang menjadi fokusnya adalah untuk menguasai. Berbeda dengan Yesus. sekalipun ia raja, namun ia tidak memiliki tujuan untuk menguasai dalam hidupnya. tujuan kedatangan Yesus adalah untuk keselamatan. dan I konsisten dengan tujuannya,, tulus dengan misinya.

mari sejenak kita melihat situasi yang ada dalam dunia sekitar kita akhir-akhir ini. ketika para penguasa berebut kekuasaan dan lupa akan tujuan hidupnya yang sejati; ketika mereka yang berkuasa tidak lagi menunjukkan ketulusan dalam setiap tindakannya, apa kata orang atau rakyat? mereka tak ada artinya lagi.

oleh karena itu saudara dan saudariku yang terkasih….

marilah kita mencoba untuk menjadi seperti Yesus yang tidak meletakkan kekuasaan sebagai alat untuk menguasai, namun mengedepankan ketulusan dan tujuan hidup. Apa sih sebenarnya yang kita cari dalam hidup ini? apakah kita mencari kekayaan, uang, harta, kekuasaan, dan segala apa yang serupa dengan itu? lalu apa yang dapat kita lakukan? kitra memang perlu uang, kekuasaan, kesejahteraan dan lain sebagainya. tidak perlu dipungkiri. akan tetapi apakah itu semua cukup?

kalau negara kita dipenuhi dengan orang atau lebih tepatnya penguasa yang tujuan hidupnya hanya sebatas uang, kekayaan dan kekuasaan. akan jadi apakah negara ini? kalau keluarga kita hanya dijejali dengan ambisi untuk uang, kekayaan dan kekuasaan, akan jadi apakah keluarga kita nanti? Coba temukan apa sejatinya tujuan hidup ini. dan kemudian jujurlah dengan dirimu sendiri. cobalah bersikap tulus seperti Yesus dalam segala tindakannya. Yesus mati secara hina. Tetapi Dia tetap diagungkan oleh banyak orang. bukan karena Yesus hebat. tetapi karena Dia memiliki visi dan tidak pernah lupa pada visinya.

lalu apa yang dapat kita lakukan sekarang?

minimal ……

marilah kita sekarang ini berdoa untuk para penguasa negara ini

supaya mereka memiliki visi hidup yang jelas

sehingga hidup mereka tidak akan goyah atau diombang-ambingkan godaan-godaan yang ada di sekitar mereka.

supaya mereka hidup oleh Roh yang menghidupkan

menjunjung ‘budaya kehidupan’

bukan ‘budaya kematian’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: