Terapi Emosi Rasional

Published Desember 19, 2011 by misstreeantoz

Terapi emosi rasional merupakan cara pendekatan konseling pastoral untuk membantu konseli mengatasi masalah psikologis/emosional dengan mengubah cara pikir atau pandangan pribadi yang irasional tentang diri, manusia, lingkungan hidup dan wujud tertinggi.
Pada dasarnya manusia menderita terutama bukan karena hal-hal eksternalnamun dari dalam dirinya sendiri. oOleh karena itu orang yang yang mengalami gangguan emosional (cemas, gelisah, marah, sakit hati, depresi, neurosis, dll) harus dibantu dengan meninjau kembali cara berpikirnya yang tidak rasional dan menggantinya dengan yang rasional.
Manusia adalah makhluk unik yang memiliki karakter rasional sekaligus irasional. Karakter rasional menyangkut pola pikir yang efisien, fleksibel, dan ilmiah. Sementara karakter irasional mencakup seluruh sikap, perasaan, tingkah laku, dan tindakan yang tidak efisien, kaku, dan tidak logis yang kerap merugikan diri sendiri dan menghalanginya untuk bisa sampai pada kebahagiaan. Dalam praktek hidup, manusia kerap menggunakan kombinasi antara kedua karakter ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: