mengapa kita harus datang misa sejak awal?

Published Juni 27, 2012 by misstreeantoz

Gambar

Judul tulisan ini adalah sebuah pertanyaan: “Mengapa kita harus datang misa sejak awal?”

alasan-alasan yang menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut bertujuan untuk menggugah kesadaran umat untuk tidak datang terlambat pada waktu perayaan Ekaristi. Atau juga untuk mengingatkan kembali kepada mereka yang sudah aktif dan rajin datang tidak terlambat, supaya mau mengingatkan saudara-saudara yang belum tahu atau masih belum sadar.

ada beberapa poin yang menjadi jawaban atas pertanyaan di atas:

  1.  Karena Ekaristi adalah tindakan Kristus bersama umat Allah yang tersusun secara Hirarkis. Tujuannya adalah agar para pelayan dan umat beriman dapat berpartisipasi dalam perayaan itu menurut tugas dan peran masing-masing, serta memetik buah hasil Ekaristi sepenuh-penuhnya.
  2. Karena pada hakikatnya perayaan Ekaristi adalah perayaan umat yang terwujud secara nyata dalam kehadiran dan partisipasi aktif umat.
  3. Karena Ekaristi penuh dengan tanda-tanda inderawi, termasuk saat pembukaan ketika perarakan masuk diiringi lagu sampai doa pembuka. Berkaitan dengan soal terlambat datang waktu misa, berarti perlu kita lihat kembali beberapa bagian, misalnya ritus pembuka. Ritus pembuka yang terdiri dari perarakan masuk, salam, kata pengantar, pernyataan tobat, Tuhan Kasihanilah, Kemuiaan, dan doa pembuka; semuanya memiliki ciri sebagai pembuka, pengantar, dan persiapan. tujuannya adalah untuk mempersatukan umat yang berhimpun dan mempersiapkan mereka supaya dapat mendengarkan sabda Allah dengan penuh perhatian dan merayakan Ekaristi dengan layak.

Tinggalkan komentar